Langsung ke konten utama

CATATAN UNTUK LOKAKARYA DARING PENULISAN

LOKAKARYA DARING PENULISAN

SEKOLAH HARMONI INDONESIA 2020

PUSAT KAJIAN ISLAM KENEGARAAN (PSIK)

 

CATATAN UNTUK LOKAKARYA DARING PENULISAN

Pelatih : Arif Sutanto MPd

 

1. Tulisan yang menarik cenderung bertolak dari suatu problem yang juga menarik. Karena itu, penting untuk berangkat dari suatu problematisasi yang kuat. Problem yang datar hanya akan membuat tulisan Anda menjadi biasa saja.

2. Tulisan bagus selalu terfokus dan, apabila mungkin, mendalam. Jika Anda ingin membahas tentang ‘A’, maka tulisan Anda harus konsisten untuk membahas itu. Apa yang selain ‘A’ dibutuhkan hanya dalam kerangka mendukung bahasan tentangnya.

3. Jika tulisan Anda pendek, jangan berambisi untuk mengatakan tentang terlalu banyak hal. Eksplorasi perlu untuk dibatasi agar fokus dan kedalaman tulisan terjaga. Pembatasan itu tidak akan membuat Anda tampak bodoh, justru itu menunjukkan Anda konsisten.

4. Tidak ada hal baru di kolong langit. Jadi, jangan berambisi untuk menulis sesuatu yang belum pernah ditulis; jangan pula terlalu percaya diri untuk tidak merujuk tulisan orang lain. Studi terdahulu atau pendapat ahli dapat membantu memperkuat argumen kita.

5. Tulisan harus memiliki tesis tertentu untuk diajukan. Tesis ini menunjukkan posisi Anda tentang problem dimaksud. Tugas tulisan Anda adalah meyakinkan pembaca bahwa tesis yang Anda bawa itu masuk akal; itu sebabnya Anda butuh basis argumen.

6. Menulislah untuk pembaca; sebab, boleh jadi percuma jika ada tulisan bagus, tetapi tidak ada yang membacanya. Tetapkan segmen pembaca yang hendak dituju, supaya Anda bisa menetapkan rancangan tulisan sesuai kebutuhan pembaca tertentu.

7. Salah satu bagian tersulit dari menulis adalah, celakanya, membaca. Bacaan yang luas dan pemahaman mendalam atasnya membantu mengerti lebih baik persoalan. Pembaca yang baik memiliki pemahaman kritis atas bacaannya.

8. Agar menarik, suatu tulisan perlu memiliki dinamika. Ini penting untuk menjaga bukan hanya ritme tulisan, tetapi juga energi ketertarikan pembaca pada tulisan.

9. Kadang, bunga-bunga kata membantu mempercantik tulisan. Mengutip peribahasa, mengacu suatu aforisma, atau memilih varian kata, istilah, dan sejenisnya dapat mengundang ketertarikan pembaca.

10. Buatlah judul yang menarik dan representatif. Judul adalah pintu masuk pembaca, jadi harus menarik. Namun, ia juga harus cukup presisi untuk merepresentasikan isi tulisan. Jangan sampai judul menarik, tetapi tidak sesuai isi.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lalu Dia Lala Jinis Kisah Romeo Juliet Alas-Sateluk

Resensi By: Susi Gustiana Betapa bahagia  mencium aroma buku , pikiranku menari 'seolah menemukan harta karun'.    Buku Lalu Dia dan Lala Jinis  adalah cerita rakyat Sumbawa yang di tulis oleh bapak Dinullah Rayes. Nama Rayes merupakan marga dari keturunan kedatuan Alas. Cerita ini bersemi dihati penduduk terutama dari bagian barat tepatnya di kecamatan Alas. Kisah kasih diantara dua pasang anak muda romeo dan Juliet Sumbawa ini diriwayatkan oleh orang tua dengan menggunakan bahasa yang puitik melalui lawas. Lawas samawa merupakan puisi lisan tradisional pada umumnya tiap bait terdiri dari 3 baris. Dipengantar awal buku penulis menyebutkan bahwa kisah ini ditembangkan oleh orangtua yang   mahir balawas (menembangkan syair) dengan suara merdu menawan dan mempesona bagi siapapun yang mendengar. Tradisi di Sumbawa bagi orang yang bisa mendongeng atau bercerita itu disebut Badia. Tau Badia (orang/seniman yang menyampaikan cerita) sering diundang pada acara h

Kisah Cinta Datu Musing Dan Mipa Deapati

Kisah cinta nan mengharukan antara Datu Museng dan Maipa Deapati ini berangkat dari cerita rakyat yang sangat populer dikalangan masyarakat Makassar, yang dituturkan oleh orang-orang tua kepada anak cucu mereka, agar mereka dapat memetik hikmah dari pendidikan, perjuangan dan kesetiaan. Begitu hebatnya cerita antara Datu Museng putra bangsawan kerajaan Gowa dan Maipa Deapati Putri bangsawan Kerajaan Sumbawa ini tertanam di dalam benak orang-orang makasar, sehingga kemudian nama dari kedua tokoh legendaris ini diabadikan sebagai nama jalan di Kota Makassar. Nama jalan itu seakan sengaja dibuat berdampingan saling berdekatan seakan-akan Pemerintah Kota Makassar turut merestui hubungan percintaan abadi mereka berdua. Jalan Maipa berada di sisi kanan Hotel Imperial Aryaduta Makassar.Pada ujung barat jalan Datu Museng, terdapat situs makam dengan dua nisan kayu yang bersanding kukuh, yang konon katanya itulah makam kedua pasangan cinta ini dimakamkam, Datu Museng dan kekasihnya Ma

Alamat Email Media Cetak di Indonesia

THE JAKARTA POST E-mail Address(es): opinion@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): jktpost2@cbn.net.id THE JAKARTA POST E-mail Address(es): editorial@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): sundaypos@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): features@thejakartapost.com JAWA POS E-mail Address(es): editor@jawapos.com KOMPAS E-mail Address(es): kompas@kompas.com KOMPAS E-mail Address(es): opini@kompas.com KOMPAS E-mail Address(es): opini@kompas.co.id KOMPAS E-mail Address(es): kcm@kompas.com MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): redaksi@mediaindonesia.co.id MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): webmaster@mediaindonesia.co.id MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): redaksimedia@yahoo.com SEPUTAR INDONESIA E-mail Address(es): widabdg@seputar-indonesia.com SEPUTAR INDONESIA E-mail Address(es): redaksi@seputar-indonesia.com REPUBLIKA E-mail Address(es): rekor@republika.co.id REPUBLIKA E