Langsung ke konten utama

Pesona Manisnya Srikaya Utan




Kecamatan Utan telah dikenal sebagai pusat penghasil buah srikaya di Kabupaten Sumbawa. Setiap tahun pemerintah setempat mengadakan Festival Srikaya. Puncak musim  buah srikaya biasanya antara bulan januari sampai mei, setiap sudut jalan akan dipenuhi oleh masyarakat yang menjual buah satu ini. 



Pada festival srikaya, selain menampilkan Srikaya dan makanan/minuman berbahan dasar Srikaya seperti es srikaya, pudding srikaya, kue keranjang srikaya, plopo srikaya dan lainnya. Juga menampilkan produk unggulan lainnya seperti madu trigona maupun madu hutan Sumbawa. Tak ketinggalan juga ekspo Pakan Ternak yang diolah dari jagung produksi BUMDes Bersama, ikan teri, abon ikan dan beberapa produk lainnya sesuai potensi wilayah desa masing-masing.

Buah Srikaya juga disebut sebagai custard apel atau sugar apple oleh pelaut Inggris, selain rasanya yang manis ternyata Srikaya memiliki khasiat yang luar biasa, Kandungan yang terdapat dalam srikaya ini dapat dijadikan obat kulit, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.
Srikaya termasuk pohon buah-buahan kecil yang tumbuh di tanah berbatu, kering, dan terkena cahaya matahari langsung. Tumbuhan yang asalnya dari Hindia Barat ini akan berbuah setelah berumur 3-5 tahun. Srikaya sering ditanam di pekarangan, dibudidayakan, atau tumbuh liar, dan bisa ditemukan sampai ketinggian 800 m dpi.



Berikut manfaat buah srikaya, diantaranya:

1.  Mengobati Asma
Penyakit yang satu ini menjadi momok bagi penderitanya. Aktivitas mereka akan dibatasi karena sekalinya terkena serangan, akan sangat merepotkan dan menyakitkan. Buah srikaya memiliki manfaat sebagai obat asma. Antioksidan dalam buah ini menjadi penangkal untuk beberapa penyebab kambuhnya penyakit ini.

2.  Mengobati Anemia
Magnesium dan zat besi sangat penting untuk menjaga keseimbangan dalam darah. Karena itu, konsumsi srikaya yang mengandung kedua zat ini akan membantu mengatasi penyakit anemia.

3.  Menurunkan Kolesterol
Kolesterol jahat akan menyebabkan penyakit yang mematikan. Salah satunya adalah stroke dan kegagalan fungsi organ lainnya. Karena itu, konsumsilah buah srikaya yang mengandung niasin. Zat ini bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh tanpa terkecuali.
4.  Sebagai Makanan Alami Untuk Penderita Diabetes

Diabetes atau penyakit gula biasanya akan dibatasi konsumsi gula dan karbohidratnya. Manfaat buah srikaya bagi kesehatan penderita diabetes sangat besar. Karena mengandung gula buah yang tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah sekaligus mengandung zat yang dapat menstabilkan gula darah.

5.  Menurunkan Hipertensi
Hipertensi juga menjadi salah satu cikal bakal penyakit jantung seperti stroke. Buah srikaya mengadung zat yang akan menurunkan tekanan darah Anda, sehingga resiko tersebut bisa dikurangi.


6.  Memperlancar Pencernaan
Serat dalam buah-buahan seperti srikaya sangat tinggi. Jadi kalau ingin lancar BAB dan bebas dari gangguan pencernaan, konsumsilah buah srikaya serutin mungkin. Niscaya pencernaan Anda akan menjadi lebih lancar. Manfaat buah srikaya yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin diet, bukan?

7.  Mengobati Diare
Diare biasa dialami setiap orang setidaknya beberapa kali dalam setahun. Untuk mengatasinya, menjaga pencernaan sangatlah penting. Namun, untuk yang sudah terlanjur terkena diare, maka asupan vitamin, mineral dan zat lain dalam buah srikaya bisa menjadi obat alami untuk menyembuhkan diare.

8.  Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Potassium dan magnesium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Karena kandungan kedua zat tersebut bisa memenuhi kebutuhan potassium dan magnesium tubuh.

9.  Sebagai Pestisida Alami
Untuk mengusir hama tanaman, biasanya digunakan pestisida. Namun, bahan kimia dalam pestisida akan terakumulasi dalam tubuh sehingga menyebabkan berbagai penyakit hingga kecacatan pada janin. Kandungan resin dan annonain dalam srikaya bisa menjadi pestisida alami yang tidak terlalu membahayakan kesehatan manusia.

10.  Menjaga Kesehatan Mata
Siapa yang tidak ingin memiliki mata yang sehat? Kalau ingin memiliki mata yang sehat maka asupan vitamin dan riboflavin dalam buah srikaya akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

11.  Mencegah Arthritis
Kandungan magnesium dan potassium, serta zat besi sudah pasti akan membuat tulang dan gigi semakin terjaga kesehatannya. Maka bagi yang takut terkena arthritis, konsumsi buah srikaya akan memberi manfaat lebih sebagai pencegah datangnya arthritis.

12.  Menyembuhkan Bisul
Manfaat selanjutnya adalah dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti bisul. Caranya, yaitu buah srikaya dihaluskan, lalu dicampur dengan sedikit garam, kemudian balurkan pada bisul. Maka bisul Anda akan segera sembuh.

13.  Menjaga Kesehatan Jantung

Jika kolesterol dan hipertensi dapat diturunkan, maka resiko terkena penyakit jantung juga akan menurun. Karena pentingnya menjaga kesehatan jantung, maka konsumsilah buah srikaya agar jantung Anda selalu sehat.

14.  Sebagai Sumber Energi

Karbohidrat dan gula dalam buah srikaya berbeda dengan yang ada pada makanan pokok. Selain memberi energi, buah srikaya juga lebih sehat karena tidak mengandung tambahan pemanis apapun.

15.  Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah srikaya yang terakhir adalah untuk meningkatkan sistem imun. Sistem imun tidak akan bertahan selamanya. Akan ada masa naik turun sehingga perlu asupan seperti vitamin untuk menjaga tubuh Anda agar tetap bugar. Buah srikaya mengandung berbagai macam vitamin yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Itulah berbagai manfaat penting buah srikaya yang perlu diketahui. Beberapa di antaranya mungkin tidak berkaitan dengan Anda karena bukan termasuk penderita. Namun, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Jadi tidak ada salahnya rutin mengonsumsi buah srikaya agar tubuh Anda tetap sehat dan kuat.

Semoga Bermanfaat




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lalu Dia Lala Jinis Kisah Romeo Juliet Alas-Sateluk

Resensi By: Susi Gustiana Betapa bahagia  mencium aroma buku , pikiranku menari 'seolah menemukan harta karun'.    Buku Lalu Dia dan Lala Jinis  adalah cerita rakyat Sumbawa yang di tulis oleh bapak Dinullah Rayes. Nama Rayes merupakan marga dari keturunan kedatuan Alas. Cerita ini bersemi dihati penduduk terutama dari bagian barat tepatnya di kecamatan Alas. Kisah kasih diantara dua pasang anak muda romeo dan Juliet Sumbawa ini diriwayatkan oleh orang tua dengan menggunakan bahasa yang puitik melalui lawas. Lawas samawa merupakan puisi lisan tradisional pada umumnya tiap bait terdiri dari 3 baris. Dipengantar awal buku penulis menyebutkan bahwa kisah ini ditembangkan oleh orangtua yang   mahir balawas (menembangkan syair) dengan suara merdu menawan dan mempesona bagi siapapun yang mendengar. Tradisi di Sumbawa bagi orang yang bisa mendongeng atau bercerita itu disebut Badia. Tau Badia (orang/seniman yang menyampaikan cerita) sering diundang pada acara h

Kisah Cinta Datu Musing Dan Mipa Deapati

Kisah cinta nan mengharukan antara Datu Museng dan Maipa Deapati ini berangkat dari cerita rakyat yang sangat populer dikalangan masyarakat Makassar, yang dituturkan oleh orang-orang tua kepada anak cucu mereka, agar mereka dapat memetik hikmah dari pendidikan, perjuangan dan kesetiaan. Begitu hebatnya cerita antara Datu Museng putra bangsawan kerajaan Gowa dan Maipa Deapati Putri bangsawan Kerajaan Sumbawa ini tertanam di dalam benak orang-orang makasar, sehingga kemudian nama dari kedua tokoh legendaris ini diabadikan sebagai nama jalan di Kota Makassar. Nama jalan itu seakan sengaja dibuat berdampingan saling berdekatan seakan-akan Pemerintah Kota Makassar turut merestui hubungan percintaan abadi mereka berdua. Jalan Maipa berada di sisi kanan Hotel Imperial Aryaduta Makassar.Pada ujung barat jalan Datu Museng, terdapat situs makam dengan dua nisan kayu yang bersanding kukuh, yang konon katanya itulah makam kedua pasangan cinta ini dimakamkam, Datu Museng dan kekasihnya Ma

Alamat Email Media Cetak di Indonesia

THE JAKARTA POST E-mail Address(es): opinion@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): jktpost2@cbn.net.id THE JAKARTA POST E-mail Address(es): editorial@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): sundaypos@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): features@thejakartapost.com JAWA POS E-mail Address(es): editor@jawapos.com KOMPAS E-mail Address(es): kompas@kompas.com KOMPAS E-mail Address(es): opini@kompas.com KOMPAS E-mail Address(es): opini@kompas.co.id KOMPAS E-mail Address(es): kcm@kompas.com MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): redaksi@mediaindonesia.co.id MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): webmaster@mediaindonesia.co.id MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): redaksimedia@yahoo.com SEPUTAR INDONESIA E-mail Address(es): widabdg@seputar-indonesia.com SEPUTAR INDONESIA E-mail Address(es): redaksi@seputar-indonesia.com REPUBLIKA E-mail Address(es): rekor@republika.co.id REPUBLIKA E