Langsung ke konten utama

Gali Potensi Anak Selagi Pandemi Covid 19



Hampir 4 bulan pandemi Covid 19, tentu Orang tua semakin dekat dengan sang anak selama di rumah. Melalui aktivitas belajar dari rumah (BDR) daring maupun luring, membuat Orang tua terjun langsung melakukan aktivitas belajar bersama anak. Mulai dari berdiskusi bersama, membantu tugas sampai beralih peran menjadi guru bagi anak. Tentunya menjadikan Orang tua lebih mengenali minat dan bakat anak pada jenis pelajaran tertantu.
Mengetahui potensi anak tentunya merupakan hal penting bagi Orang tua. Dengan mengidentifikasi minat, bakat dan kemampuan, anak dapat diarahkan dan berkembang sesuai dengan optimal sesuai kapabilitasnya. Menggali potensi anak juga penting bagi Orang tua, karena kecerdasan anak tidak hanya diukur dari nilai inteligensi (IQ) saja, tetapi minat dan bakat juga mampu mengantarkan anak kepada prestasi yang membanggakan.
Howerd Gardner mencoba membuktikan bahwa nilai IQ yang tinggi tidak menjamin kesuksesan seseorang di masa mendatang. Masih banyak anak yang sukses di dunia dengan mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki. Nah bagaimana sih mengetahui potensi sang anak?
1. Pahami Gaya Belajar Anak
Setiap anak memiliki gaya belajar yang beragam dan tentunya yang paling mereka sukai. Diantaranya ada anak yang lebih senang dibacakan materi atau mendengarkan, ada anak yang lebih suka membaca, ada pula anak yang lebih senang belajar melalui praktik langsung. Gaya belajar ini penting diketahui Orang tua untuk diterapkan di rumah agar anak mendapatkan prestasi yang optimal.
2. Identifikasi Kecerdasan Anak
Melakukan identifikasi kecerdasan anak bertujuan untuk mengasah kemampuan unggul sang anak. Identifikasi potensi atau kecerdasan anak dapat dilihat dari tabel berikut ini :
Kecerdasan
Terampil Dalam Hal
Verbal / Linguistik  
Membaca, menulis, berbicara, mendengarkan, kosa kata
Logis / Matematis  
Bilangan, logika, penghitungan, analisis, sintesis
Visual / Spasial  
Perancang, perencanaan, warna, rinci
Musikal / Ritmis  
Bermain drama, mengomposisi lagu, menyanyi, main musik
Kinestetik / Fisik  
Keterampilan motorik
Naturalis / Alamiah  
Fenomena dan dunia alamiah
Interpersonal  
Hubungan antara manusia, berkomunikasi
Intrapersonal  
Introspeksi, memahami perasaan orang lain, Iman
Eksistensial  
Memahami eksistensi manusia terkait: emosi, tindakan, tanggung jawab, pemikiran, makna eksistensi dan tujuan hidupnya
(Sumber : Raising Samarter Children: Develop Your Child’s Many Ways Of Being Smart)
Dari tabel di atas, Orang tua dapat mengetahu jenis kecerdasan sang anak. Terlebih saat Orang tua memiliki waktu yang banyak untuk melakukan aktivitas belajar bersama anak. Jika anak memiliki kecerdasan musikal, maka sang anak bisa menjadi bintang musisi mendunia seperti agnes monica. Anak juga bisa menjadi Yuma Soerianto yang dipuji bos Apple karena keahlian pemrogramannya jika kecerdasan matematisnya dapat dikembangkan oleh Orang tua.

3. Kembangkan Potensi Anak
Setelah mengetahui gaya belajar dan kecerdasan anak, inilah saatnya Orang tua mengembangkan potensi anak agar kelak memiliki bakat yang menghantarkan sang anak meraih kesuksesan. Tentunya anak akan menyukai setiap proses belajar yang dilalui, pada saat inilah Orang tua wajib memotivasi anak agar selalu semangat mengasah kecerdasannya melalui materi-materi yang Orang tua berikan.
Cara yang paling sederhana adalah memberikan materi online yang dapat dengan mudah diakses dan ditemukan oleh Orang tua. Diantaranya memberikan materi belajar melalui platform Sekolah.mu yang menyediakan berbagai program untuk seluruh minat dan bakat anak.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lalu Dia Lala Jinis Kisah Romeo Juliet Alas-Sateluk

Resensi By: Susi Gustiana Betapa bahagia  mencium aroma buku , pikiranku menari 'seolah menemukan harta karun'.    Buku Lalu Dia dan Lala Jinis  adalah cerita rakyat Sumbawa yang di tulis oleh bapak Dinullah Rayes. Nama Rayes merupakan marga dari keturunan kedatuan Alas. Cerita ini bersemi dihati penduduk terutama dari bagian barat tepatnya di kecamatan Alas. Kisah kasih diantara dua pasang anak muda romeo dan Juliet Sumbawa ini diriwayatkan oleh orang tua dengan menggunakan bahasa yang puitik melalui lawas. Lawas samawa merupakan puisi lisan tradisional pada umumnya tiap bait terdiri dari 3 baris. Dipengantar awal buku penulis menyebutkan bahwa kisah ini ditembangkan oleh orangtua yang   mahir balawas (menembangkan syair) dengan suara merdu menawan dan mempesona bagi siapapun yang mendengar. Tradisi di Sumbawa bagi orang yang bisa mendongeng atau bercerita itu disebut Badia. Tau Badia (orang/seniman yang menyampaikan cerita) sering diundang pada acara h

Kisah Cinta Datu Musing Dan Mipa Deapati

Kisah cinta nan mengharukan antara Datu Museng dan Maipa Deapati ini berangkat dari cerita rakyat yang sangat populer dikalangan masyarakat Makassar, yang dituturkan oleh orang-orang tua kepada anak cucu mereka, agar mereka dapat memetik hikmah dari pendidikan, perjuangan dan kesetiaan. Begitu hebatnya cerita antara Datu Museng putra bangsawan kerajaan Gowa dan Maipa Deapati Putri bangsawan Kerajaan Sumbawa ini tertanam di dalam benak orang-orang makasar, sehingga kemudian nama dari kedua tokoh legendaris ini diabadikan sebagai nama jalan di Kota Makassar. Nama jalan itu seakan sengaja dibuat berdampingan saling berdekatan seakan-akan Pemerintah Kota Makassar turut merestui hubungan percintaan abadi mereka berdua. Jalan Maipa berada di sisi kanan Hotel Imperial Aryaduta Makassar.Pada ujung barat jalan Datu Museng, terdapat situs makam dengan dua nisan kayu yang bersanding kukuh, yang konon katanya itulah makam kedua pasangan cinta ini dimakamkam, Datu Museng dan kekasihnya Ma

Alamat Email Media Cetak di Indonesia

THE JAKARTA POST E-mail Address(es): opinion@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): jktpost2@cbn.net.id THE JAKARTA POST E-mail Address(es): editorial@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): sundaypos@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): features@thejakartapost.com JAWA POS E-mail Address(es): editor@jawapos.com KOMPAS E-mail Address(es): kompas@kompas.com KOMPAS E-mail Address(es): opini@kompas.com KOMPAS E-mail Address(es): opini@kompas.co.id KOMPAS E-mail Address(es): kcm@kompas.com MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): redaksi@mediaindonesia.co.id MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): webmaster@mediaindonesia.co.id MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): redaksimedia@yahoo.com SEPUTAR INDONESIA E-mail Address(es): widabdg@seputar-indonesia.com SEPUTAR INDONESIA E-mail Address(es): redaksi@seputar-indonesia.com REPUBLIKA E-mail Address(es): rekor@republika.co.id REPUBLIKA E