Langsung ke konten utama

Di Teluk Saleh, Kamu Bisa Berenang Dengan Hiu Paus



Jika kamu berkunjung ke Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), jangan lupa  meneruskan perjalanan ke Pulau Sumbawa karena disini juga banyak destinasi, salah satunya berenang bersama Hiu Paus Hiu Paus atau whale shark adalah salah satu daya tarik wisata di perairan Teluk Saleh. Sebagai kawasan biosfer dunia, keanekaragaman hayati banyak dijumpai di Teluk Saleh. Hewan langka yang hanya terdapat di beberapa titik di perairan Indonesia ini justru dapat dilihat sepanjang tahun di kawasan teluk terbesar di Pulau Sumbawa ini.

Di kawasan Teluk Saleh setiap hari teridentifikasi sebanyak 49 hiu paus, berdasarkan temuan Conservation International (CI) Indonesia. Kemunculan hiu paus inilah yang mulai dijual Pemkab Sumbawa kepada wisatawan sebagai wisata minat khusus yang bermuatan edukasi tentang konservasi biota laut dan budaya masyarakat terkait dengan hiu paus dan Bagang.

Pengembangan ekowisata di Teluk Saleh di Desa Labuhan Jambu, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa, ini bisa jadi merupakan ekowisata pertama di Indonesia yang melibatkan masyarakat, dari pengelolaan dan penyedia jasa penginapan, pemandu wisata, transportasi darat, laut, kuliner, dan produk lokal.

Ekowisata ini dikelola langsung oleh masyarakat secara mandiri sehingga manfaat bisa langsung dirasakan. Selain itu, jenis wisata ini juga melibatkan Pokdarwis (kelompok sadar wisata) atau oleh kelompok masyarakat secara komunal.

Bagang ialah rumah tangkap ikan yang selama ini banyak dimiliki nelayan di sepanjang perairan Pulau Sumbawa. Bagang terbuat dari bambu dan papan dengan ukuran yang variatif kisaran lebih kurang 5 meter x 7 meter.Bangunan ini biasanya ditempatkan pada area laut yang tidak dalam dan relatif aman dari terjangan gelombang. Ada yang mengapung menggunakan perahu dan ada juga yang menggunakan sejumlah tiang ditancapkan ke dasar laut. Nelayan bisa menangkap ikan dengan melepas jaring atau pancing dari atas bagang sambil istirahat.

Menurut masyarakat setempat, hewan ini bisa dilihat sepanjang tahun tapi bulan-bulan terbaik untuk bertemu hewan raksasa ini dan dalam jumlah yang banyak justru pada bulan Juni hingga September.Tentu saja bagi mereka para pecinta olahraga air seperti snorkeling dan diving, momen berenang bersama Hiu Paus adalah yang harus segera dicoba.

 

Untuk bisa menikmati berenang bersama Hiu Paus di Teluk Saleh ada beragam alternatif perjalanan yang dapat dipilih. Bagi yang datang dari wilayah Ibukota Jakarta atau wilayah Jawa, bisa menggunakan pesawat menuju Bima atau Lombok. Juga bisa memilih perjalanan darat dengan tujuan Pulau Sumbawa, ada beragam alternatif perjalanan yang dapat dipilih.  Saat kamu tiba di Labuan Jambu, wisatawan yang ingin melihat hewan ini bisa menggunakan jasa Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Setempat. Wisatawan bisa membayar sekitar Rp 1,7 juta hingga Rp 2 juta per orang untuk trip satu malam dua hari. Dari Labuan Jambu menuju lokasi bagan milik nelayan setempat yang biasa didatangi oleh Hiu Paus bisa ditempuh sekitar 2 jam penyeberangan menaiki boat yang sudah disediakan Pokdarwis.

 




poto by rasa dompu travel

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lalu Dia Lala Jinis Kisah Romeo Juliet Alas-Sateluk

Resensi By: Susi Gustiana Betapa bahagia  mencium aroma buku , pikiranku menari 'seolah menemukan harta karun'.    Buku Lalu Dia dan Lala Jinis  adalah cerita rakyat Sumbawa yang di tulis oleh bapak Dinullah Rayes. Nama Rayes merupakan marga dari keturunan kedatuan Alas. Cerita ini bersemi dihati penduduk terutama dari bagian barat tepatnya di kecamatan Alas. Kisah kasih diantara dua pasang anak muda romeo dan Juliet Sumbawa ini diriwayatkan oleh orang tua dengan menggunakan bahasa yang puitik melalui lawas. Lawas samawa merupakan puisi lisan tradisional pada umumnya tiap bait terdiri dari 3 baris. Dipengantar awal buku penulis menyebutkan bahwa kisah ini ditembangkan oleh orangtua yang   mahir balawas (menembangkan syair) dengan suara merdu menawan dan mempesona bagi siapapun yang mendengar. Tradisi di Sumbawa bagi orang yang bisa mendongeng atau bercerita itu disebut Badia. Tau Badia (orang/seniman yang menyampaikan cerita) sering diundang pada acara h

Kisah Cinta Datu Musing Dan Mipa Deapati

Kisah cinta nan mengharukan antara Datu Museng dan Maipa Deapati ini berangkat dari cerita rakyat yang sangat populer dikalangan masyarakat Makassar, yang dituturkan oleh orang-orang tua kepada anak cucu mereka, agar mereka dapat memetik hikmah dari pendidikan, perjuangan dan kesetiaan. Begitu hebatnya cerita antara Datu Museng putra bangsawan kerajaan Gowa dan Maipa Deapati Putri bangsawan Kerajaan Sumbawa ini tertanam di dalam benak orang-orang makasar, sehingga kemudian nama dari kedua tokoh legendaris ini diabadikan sebagai nama jalan di Kota Makassar. Nama jalan itu seakan sengaja dibuat berdampingan saling berdekatan seakan-akan Pemerintah Kota Makassar turut merestui hubungan percintaan abadi mereka berdua. Jalan Maipa berada di sisi kanan Hotel Imperial Aryaduta Makassar.Pada ujung barat jalan Datu Museng, terdapat situs makam dengan dua nisan kayu yang bersanding kukuh, yang konon katanya itulah makam kedua pasangan cinta ini dimakamkam, Datu Museng dan kekasihnya Ma

Alamat Email Media Cetak di Indonesia

THE JAKARTA POST E-mail Address(es): opinion@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): jktpost2@cbn.net.id THE JAKARTA POST E-mail Address(es): editorial@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): sundaypos@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): features@thejakartapost.com JAWA POS E-mail Address(es): editor@jawapos.com KOMPAS E-mail Address(es): kompas@kompas.com KOMPAS E-mail Address(es): opini@kompas.com KOMPAS E-mail Address(es): opini@kompas.co.id KOMPAS E-mail Address(es): kcm@kompas.com MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): redaksi@mediaindonesia.co.id MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): webmaster@mediaindonesia.co.id MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): redaksimedia@yahoo.com SEPUTAR INDONESIA E-mail Address(es): widabdg@seputar-indonesia.com SEPUTAR INDONESIA E-mail Address(es): redaksi@seputar-indonesia.com REPUBLIKA E-mail Address(es): rekor@republika.co.id REPUBLIKA E