Langsung ke konten utama

Dua Mata Dadu Untuk Alfin

 

 



 

Matahari sudah tinggi, cahayanya mulai masuk ke kamar, ini adalah hari senin, Alfin bangun terburu-buru, tak lupa membereskan tempat tidur dan bergegas mandi. Setelah itu, ia langsung berlarian ke dapur mencari mama.

Mama mengernyit kaget, ketika Alfin memeluknya dari belakang.

“Selamat pagi mama, maaf bangunnya terlambat,” jelas Alfin sambil terus bermanja memeluk mamanya.

Dengan tersenyum, mama membalikan badan dan membuka mulut lebih lebar.

“Sarapan dulu ya, ibu guru dan kepala sekolah pasti sebentar lagi datang ke rumah untuk belajar bersama,” kata mama.

Mama segera menyiapkan peralatan makan. Sepiring nasi goreng dan ikan tersaji diatas meja.

Alfin melahap makanan “enak, terimakasih ya mama,” ucapnya.

Sambil menonton, Alfin sudah tak sabar menunggu kedatangan para guru, ia mulai menyebutkan kata dan mengejanya dengan keras.

Mendengar suara Alfin, mama diam-diam memperhatikan dan merasa kasihan dengan kondisi Alfin karena tidak bisa mendengar seperti anak normal lainnya.

Tiba-tiba, ibu guru dan kepala sekolah sudah ada didepan rumah, Alfin berlari kegirangan menyambut kedatangan mereka.

“Assalamualaikum, ibu guru,” sapa Alfin.  

Kepala sekolah menyambut pelukan Alfin, ia tersenyum ramah menjawab salam “Walaikumsalam Alfin” jawab mereka serempak.

“Siap Belajar hari ini ya Alfin” Tanya Ibu guru.

Melihat gerakan bibir ibu guru, Alfin bersemangat untuk mengikuti pembelajaran.

Ternyata, Ibu guru membawa permainan bentuknya dadu, Alfin mulai penasaran.

“Ibu guru, itu kotak dadu, apa itu untuk saya,” Tanya Alfin.

“Ooh ya Alfin, ini namanya dua mata dadu,” jawab Ibu guru Erna.

“Dua mata dadu adalah media pembelajaran yang disusun oleh guru dan kepala sekolah untuk membantu Alfin mengenal huruf latin dalam bahasa isyarat. Jadi ada dua jenis huruf yaitu latin dan abjad jari,”jelas Ibu Guru kepada mama Alfin.

Ayo kita mulai bermain dengan media dua mata dadu ya.

Kalimat:

Saya Suka Baca

Langkah:

“Ayok kita mencari huruf S,” kata ibu Erna

Alfin lalu melangkah mencari huruf S dengan simbol latin dan jari

Setelah dapat letakan ke sebelah

Kedua, carilah huruf A

Alfin lalu melangkah mencari huruf A dengan simbol latin dan jari

Setelah dapat letakan ke sebelah huruf S-A

Ketiga, Carilah huruf Y.

Alfin lalu melangkah mencari huruf Y dengan simbol latin dan jari.

Setelah dapat letakan ke sebelah huruf S-A-Y

Keempat, carilah huruf A lagi.

Setelah dapat letakan ke sebelah huruf S-A-Y-A

Nah, Alfin bacalah S-A-Y-A menjadi SA-YA lalu SAYA

Alfin sangat senang hari ini, ia bisa belajar mengenal huruf dan abjad Jari dengan permainan dua mata dadu.

Pesan Moral:

Jadilah anak baik, belajar yang rajin dan bersikap sopan kepada orangtua dan guru.

#Hikmah Cerita

Belajar Dari Rumah (BDR) luring dengan kunjungan rumah dimasa pandemi Covid 19 harus bisa diakses setara oleh anak berkebutuhan khusus (ABK) atau disabilitas, diharapkan guru dan kepala sekolah mampu mendesain media agar ABK mudah memahami materi pembelajaran serta mampu menciptakan lingkungan yang inklusif saat siswa dirumah dengan bantuan dan kerjasama dengan orangtua siswa.

 Oleh Susi Gustiana


#Fakta:

Alfin adalah siswa Tuna Rungu di SDN Hijrah 1 Desa Hijrah Kecamatan Lape Kabupaten Sumbawa-NTB. Cerita ini diadaptasi dari Liputan yang penulis buat berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah saat BDR luring.

 

#Ingin membuat media

Dua Mata Dadu

Untuk mengenal huruf bagi anak tuna rungu?

Ini dia caranya

1.  Siapkan busa stereoform

2.  Gunting symbol abjad latin dan abjad jari yang telah diprint di kertas HVS

3.  Tempelkan kertas abjad latin dan abjad jari pada busa stereofom

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lalu Dia Lala Jinis Kisah Romeo Juliet Alas-Sateluk

Resensi By: Susi Gustiana Betapa bahagia  mencium aroma buku , pikiranku menari 'seolah menemukan harta karun'.    Buku Lalu Dia dan Lala Jinis  adalah cerita rakyat Sumbawa yang di tulis oleh bapak Dinullah Rayes. Nama Rayes merupakan marga dari keturunan kedatuan Alas. Cerita ini bersemi dihati penduduk terutama dari bagian barat tepatnya di kecamatan Alas. Kisah kasih diantara dua pasang anak muda romeo dan Juliet Sumbawa ini diriwayatkan oleh orang tua dengan menggunakan bahasa yang puitik melalui lawas. Lawas samawa merupakan puisi lisan tradisional pada umumnya tiap bait terdiri dari 3 baris. Dipengantar awal buku penulis menyebutkan bahwa kisah ini ditembangkan oleh orangtua yang   mahir balawas (menembangkan syair) dengan suara merdu menawan dan mempesona bagi siapapun yang mendengar. Tradisi di Sumbawa bagi orang yang bisa mendongeng atau bercerita itu disebut Badia. Tau Badia (orang/seniman yang menyampaikan cerita) sering diundang pada acara h

Kisah Cinta Datu Musing Dan Mipa Deapati

Kisah cinta nan mengharukan antara Datu Museng dan Maipa Deapati ini berangkat dari cerita rakyat yang sangat populer dikalangan masyarakat Makassar, yang dituturkan oleh orang-orang tua kepada anak cucu mereka, agar mereka dapat memetik hikmah dari pendidikan, perjuangan dan kesetiaan. Begitu hebatnya cerita antara Datu Museng putra bangsawan kerajaan Gowa dan Maipa Deapati Putri bangsawan Kerajaan Sumbawa ini tertanam di dalam benak orang-orang makasar, sehingga kemudian nama dari kedua tokoh legendaris ini diabadikan sebagai nama jalan di Kota Makassar. Nama jalan itu seakan sengaja dibuat berdampingan saling berdekatan seakan-akan Pemerintah Kota Makassar turut merestui hubungan percintaan abadi mereka berdua. Jalan Maipa berada di sisi kanan Hotel Imperial Aryaduta Makassar.Pada ujung barat jalan Datu Museng, terdapat situs makam dengan dua nisan kayu yang bersanding kukuh, yang konon katanya itulah makam kedua pasangan cinta ini dimakamkam, Datu Museng dan kekasihnya Ma

Alamat Email Media Cetak di Indonesia

THE JAKARTA POST E-mail Address(es): opinion@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): jktpost2@cbn.net.id THE JAKARTA POST E-mail Address(es): editorial@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): sundaypos@thejakartapost.com THE JAKARTA POST E-mail Address(es): features@thejakartapost.com JAWA POS E-mail Address(es): editor@jawapos.com KOMPAS E-mail Address(es): kompas@kompas.com KOMPAS E-mail Address(es): opini@kompas.com KOMPAS E-mail Address(es): opini@kompas.co.id KOMPAS E-mail Address(es): kcm@kompas.com MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): redaksi@mediaindonesia.co.id MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): webmaster@mediaindonesia.co.id MEDIA INDONESIA E-mail Address(es): redaksimedia@yahoo.com SEPUTAR INDONESIA E-mail Address(es): widabdg@seputar-indonesia.com SEPUTAR INDONESIA E-mail Address(es): redaksi@seputar-indonesia.com REPUBLIKA E-mail Address(es): rekor@republika.co.id REPUBLIKA E